Review Film Korea My Name is Loh Kiwan, Kisah Pembelot Korea Utara

 


Blogitawelasti - My Name is Loh Kiwan adalah film Korea Selatan yang dirilis tahun ini di platform streaming Netflix. Film ini diadaptasi dari novel karya Cho Hae Ji berjudul I Met Loh Kiwan yang diluncurkan pada tahun 2018 silam.

Secara singkat, film ini menceritakan tentang Loh Kiwan (Song Joong Ki) yaitu seorang pembelot Korea Utara yang mencoba mendapatkan kehidupan lebih baik di Belgia. Ki Wan ingin mendapatkan hak tinggal sebagai pengungsi di negara lain.

Artikel ini mengandung spoiler

Identitas Film Korea My Name is Loh Kiwan

Judul: My Name is Loh Kiwan

Sutradara: Kim Hee-jin

Perusahaan Produksi: Yong Film, High Zium Studio

Distributor: Netflix

Rilis: 1 Maret 2024

Durasi: 131 menit

Negara: Korea Selatan

Bahasa: Korea

Sinopsis Film Korea My Name is Loh Kiwan

Cerita bermula ketika Loh Kiwan yang merupakan pembelot Korea Utara kabur ke Tiongkok bersama Ibunya. Hidupnya tidak berubah di Tiongkok bahkan ia kehilangan Ibunya sehingga memutuskan pergi ke Belgia untuk memenuhi keinginan sang Ibu.

Tinggal di negara asing tentu tidak mudah, Ki Wan harus berjuang lebih keras agar mendapatkan status hak tinggal sebagai pengungsi Belgia. Suatu hari, ketika tidur di laundry umum, dompetnya dicuri oleh perempuan Belgia – Korea bernama Marie.

Dompet tersebut berisi kenangan bersama Ibunya sehingga mau tidak mau, Ki Wan harus berurusan dengan perempuan yang ternyata memiliki banyak masalah itu. Lantas bagaimana kelanjutannya? Apakah Ki Wan berhasil mendapatkan hak tinggal sebagai pengungsi?

Review Singkat Film Korea My Name is Loh Kiwan

Sebelum menonton film satu ini, kamu bisa simak review singkat My Name is Loh Kiwan di bawah ini agar memiliki bayangan.

1.      Kisah Hidup Pembelot Korea Utara

Ki Wan adalah laki-laki yang hidup dalam garis kemiskinan di Korea Utara lalu pergi ke Tiongkok bersama Ibunya. Hidupnya di Tiongkok tidak mudah sehingga ia memutuskan untuk pindah ke Belgia atas permintaan terakhir Ibunya.

Ternyata mendapatkan status pengungsi di negara asing tidak mudah, apalagi ia tidak memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. Setelah selesai diwawancara, ia harus menunggu lagi selama kurang lebih satu tahun untuk tahap berikutnya.

Selama masa menunggu panggilan wawancara, Ki Wan harus bertahan hidup sendirian di negara asing tersebut. Ia mencari penginapan untuk tempat beristirahat namun tidak menemukan yang nyaman sehingga harus beristirahat di toilet.

Belum lagi dirinya harus berhadapan dengan preman Belgia yang membuat hidupnya semakin rumit. Suatu hari, ketika ia kelelahan dan tertidur di laundry umum, dompetnya dicuri perempuan bernama Marie.

Dompet tersebut penuh kenang-kenangan, sehingga ia berusaha terus mengikuti Marie agar mau mengembalikan dompetnya.

2.    Kisah Romansa yang Rumit

Pertemuannya dengan Marie ternyata memunculkan perasaan di antara keduanya. Tentu saja hubungan mereka terbilang rumit karena Ki Wan masih harus berjuang untuk mendapatkan hidup layak dan Marie yang masih perlu berdamai dengan kondisi keluarganya.

Walaupun begitu, keduanya tampak berusaha saling melindungi satu sama lain karena akhirnya mereka menemukan tempat yang nyaman untuk pulang.

3.      Adegan Aksi yang Menegangkan

Adegan aksi yang disajikan dalam film cukup menegangkan. Bagaimana Ki Wan mencoba menyelamatkan Marie dari kelompok gangster besar di Belgia yang berbahaya. Ketegangan yang disajikan dalam film mampu menghidupkan cerita sehingga lebih seru.

4.      Pelajaran Penting

Salah satu pelajaran penting yang aku tangkap dari film ini adalah semua orang berhak untuk mendapatkan kehidupan layak. Siapapun kamu dan darimana asalmu, kamu berhak untuk bisa meningkatkan kualitas hidup lebih baik.

Tentu saja ada banyak hal yang akan kamu korbankan, namun hasil yang didapatkan tidak akan mengkhianati usaha. Hal ini yang dilakukan oleh Ki Wan di Belgia karena akhirnya ia bisa mendapatkan hidup layak dan bertemu cinta sejati.

Pemeran Film Korea Selatan My Name is Loh Kiwan

  • Song Joong-Ki sebagai Lo Ki Wan
  •   Choi Sung-eun sebagai Ma Rie
  •  Lee Sang-hee sebagai Seon Joo
  •  Jo Han-chul sebagai Yoon Seong
  • Wael Sersoub sebagai Cyril

My Name is Loh Kiwan mengajarkan kepada penonton agar terus berjuang sampai titik darah penghabisan. Asalkan kita mau berusaha, kehidupan kita juga akan menjadi lebih baik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url