Review Film The Swimmers, Perjuangan Perenang di Tengah Perang

 




Blogitawelasti - The Swimmers adalah film biografi olahraga yang berasal dari Inggris dan tayang di Netflix pada tahun 2022. Film ini sangat menginspirasi penonton yang ingin memperjuangkan mimpinya sampai titik darah penghabisan.

Karya dari Sally El Hosaini ini berdurasi 134 menit yang bercerita tentang kehidupan saudara kandung bernama Yusra Mardini dan Sarah Mardini yang bercita-cita menjadi seorang atlet renang.

Artikel ini mengandung spoiler dan trigger warning pelecehan seksual

Identitas Film The Swimmers

Judul: The Swimmers

Sutradara: Sally El Hosaini

Tanggal: 23 November 2022

Platform Streaming: Netflix

Durasi: 134 menit

Bahasa: Inggris, Arab

Negara: Amerika Serikat dan Britania Raya

Produksi: Working Title Film

Sinopsis Film The Swimmers

The Swimmers adalah film yang bercerita tentang Sarah dan Yusra Mardini saudara kandung yang berprofesi sebagai atlet renang. Ayahnya yang merupakan mantan atlet renang nasional menjadi pelatih mereka.

Suatu hari, terjadi perang saudara di Suriah yang menyebabkan kehidupan di sana tidak aman. Sarah berinisiatif untuk pergi ke Jerman demi mendapatkan kesempatan hidup yang lebih layak. Setelah membujuk ayahnya, Sara, Yusra, dan sepupunya Nizar pergi ke Jerman.

Mereka berangkat menggunakan pesawat dari Suriah ke Turki kemudian mengendarai perahu karet untuk menyebrangi lautan Yunani. Di sinilah mereka bersama pengungsi lain berjuang karena ternyata perjalanan menuju kehidupan yang lebih baik itu tidak mudah.

Review Film The Swimmers

Film yang mengusung genre biografi olahraga ini menyimpan banyak pelajaran penting yang menyadarkan penonton tentang arti kemanusiaan dan perjuangan hidup. Berikut review singkat dari The Swimmers.

1.    Diangkat dari Kisah Nyata

The Swimmers adalah film mengharukan yang diangkat dari kisah nyata adik kakak kandung yang berjuang demi mimpinya. Ketika Suriah dilanda perang, Sarah mengusulkan agar dirinya dan adiknya, Yusra pergi ke Jerman untuk melanjutkan karier sebagai perenang.

Setelah melalui perdebatan sengit dengan Ayahnya, akhirnya mereka dan sepupunya, Nizar bisa pergi ke Turki. Perjalanan yang awalnya mulus rupanya tidak bertahan lama karena ketika mereka harus pergi ke Yunani, ada cobaan yang datang.

Perahu karet yang mereka tumpangi bersama pengungsi bocor di tengah lautan Yunani. Langit gelap dan dinginnya air laut tentu membuat para pengungsi ketakutan karena merasa maut ada di depan mereka.

Namun siapa sangka, kecerdikan dan kenekatan dua bersaudari Mardini membuat mereka selamat mencapai daratan Lesbos, Yunani. Sarah dan Yusra memutuskan untuk berenang mengarungi lautan agar beban perahu karet berkurang.

Dalam film ini juga disorot tentang banyaknya pelampung berwarna oranye di pinggir laut Yunani. Seperti menjelaskan bahwa ada banyak pengungsi yang sudah menyeberangi lautan demi hidup yang layak.

2.    Ada Trigger Warning

Film ini sepertinya tidak bisa ditonton oleh semua orang khususnya yang pernah mengalami pelecehan seksual. Sarah Mardini yang berdebat dengan tentara Suriah mengalami tindak pelecehan seksual.

Tidak hanya itu, hal serupa juga dialami oleh Yusra Mardini ketika dirinya berada di tempat pengungsian. Jadi, kalau kamu mau menonton film ini pastikan kondisi diri dalam keadaan baik ya!

3.    Menyimpan Pelajaran Penting

Ada pelajaran penting yang bisa aku ambil dari The Swimmers salah satunya adalah bagaimana Tuhan seperti melihat upaya kita untuk tetap bertahan hidup di saat sesuatu hal yang buruk seperti akan terjadi.

Perjuangan para pengungsi dan dua bersaudari Mardini membuktikan bahwa selagi kita berusaha hingga akhir, Tuhan akan membantu kita juga. Kalau dipikir rasanya seperti tidak mungkin bisa selamat dari lautan ganas dengan kondisi perahu yang bocor.

Namun, berkat upaya dan keyakinan para pengungsi bisa selamat hingga mencapai daratan walaupun harus mengorbankan barang bawaan mereka.

4.    Nasib Pengungsi yang Tidak Pasti

Dari film ini aku jadi tahu bagaimana nasib pengungsi yang sangat tidak pasti walaupun sudah ada pihak yang membantu. Setibanya di tempat pengungsian yang aman, mereka belum tentu bisa melanjutkan hidup sesuai yang diinginkan.

Mereka harus ditahan dulu karena proses mengurus administrasi yang memakan waktu lama. Walaupun begitu, Yusra tidak menyerah. Dirinya berusaha bergabung ke klub renang yang dilatih Sven agar bisa bertanding di Olimpiade Rio 2016.

Pemain Film The Swimmers

Nathalie Issa

Manal Issa

Ahmed Malek

Matthias Schweighofer

Ali Suliman

Kinda Alloush

James Krishna Floyd

Review film The Swimmers di atas mengajarkan kita untuk terus berjuang meraih mimpi apapun hambatan yang datang. Bukan tidak mungkin kita bisa mendapatkan kehidupan yang layak jika kita terus berusaha.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url